Solder memanfaatkan perpindahan panas secara

Inilah Kunci Jawaban Soal Sekolah Tentang Solder memanfaatkan perpindahan panas secara

Solder memanfaatkan perpindahan panas secara…. konduksi

Pembahasan:

Kalor atau panas adalah suatu bentuk energi yang dapat diterima dan dilepaskan oleh benda. Semakin tinggi suhu suatu benda maka semakin panas benda itu, dan semakin banyak energi kalor dalam benda itu. Alat untuk mengukur suhu adalah termometer.

Kalor atau panas dapat berpindah, dari benda yang bersuhu tinggi menuju benda bersuhu rendah (dingin). Cara perpindahan ini dapat berupa konveksi, konduksi dan radiasi.  

Konduksi adalah perpindahan panas akibat kontak atau sentuhan dengan medium. Contohnya adalah solder yang menghantarkan panas melalui logam yang dipanaskan dan bersentuhan dengan komponen yang disambungkan. Contoh lain adalah perpindahan panas dari air panas ke gelas, ke tangan kita.

Konveksi adalah perpindahan panas akibat panas akibat pergerakan medium penghantar panas. Contohnya adalah terjadinya angin akibat perbedaan suhu udara.

Radiasi adalah perpindahan panas tanpa perlunya medium, akibat radiasi gelombang elektromagnetik. Contohnya adalah perpindahan panas dari matahari ke bumi.

———————————————————————————-

Detail Jawaban:  

Kode: 7.6.7  

Kelas: VII

Mata Pelajaran: Fisika    

Materi: Bab 7 – Suhu, Pemuaian, dan Kalor

Begitulah Kunci Jawaban Soal Pelajaran Tentang Solder memanfaatkan perpindahan panas secara Semoga Membantu.

Baca Juga  Apa yang menyebabkan berbagai ajaran agama dapat diterima bangsa indonesia